5 Langkah Perawatan setelah Tindakan Operasi Hip Replacement

Pasien yang sudah menjalani tindakan operasi hip replacement harus memperhatikan baik-baik tahap perawatan setelah operasi selesai dilakukan. Tahap perawatan ini sangat penting karena akan berpengaruh pada keberhasilan tindakan operasi. Jangan sampai sudah mengeluarkan biaya operasi total hip replacement yang mahal tapi tidak diiringi dengan kedisiplinan perawatan setelah tindakan operasi.

Perawatan setelah Operasi

Pada umumnya memang setelah tindakan operasi dibutuhkan prosedur perawatan yang memadai. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan dan membantu menghilangkan berbagai rasa nyeri setelah operasi dilakukan. Berikut ini adalah 5 jenis tindakan perawatan yang biasanya perlu dilakukan setelah operasi hip replacement:

1. Jaga Kebersihan Bekas Jahitan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan bekas jahitan operasi. Bekas jahitan ini harus dijaga agar selalu dalam kondisi kering. Hindari berbagai jenis aktivitas yang bisa membuat jahitan basah atau lembab. Selain itu, lakukan penggantian perban secara rutin untuk menjaga kebersihannya. Kenakan juga pakaian yang nyaman dan bersih supaya terhindar dari infeksi luka.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Asupan makanan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh pada kecepatan proses penyembuhan luka pasca operasi. Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan lengkap. Atur pola makan sebaik mungkin, perbanyak protein dan konsumsi air putih untuk mempercepat proses penyembuhan. Jangan lupa, patuhi juga aturan minum obat maupun suplemen sesuai anjuran dokter.

3. Istirahat sesuai Instruksi Dokter

Pastikan Anda beristirahat dengan baik selama masa perawatan setelah operasi. Dokter biasanya akan memberi instruksi kepada pasiennya agar beristirahat total dan tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Jangan sampai biaya operasi total hip replacement ini kembali membengkak karena tindakannya gagal setelah Anda melanggar instruksi dokter untuk beristirahat.

4. Mulai Lakukan Aktivitas Fisik secara Bertahap

Cobalah untuk mulai melakukan aktivitas fisik secara bertahap ketika tubuh sudah benar-benar siap. Ini juga penting dilakukan jika Anda ingin bisa segera beraktivitas normal seperti biasa. Perlu dilakukan latihan secara bertahap demi memastikan tubuh benar-benar siap dan kuat. Mulai saja dulu dengan menggerakkan badan secara perlahan dan lakukan semampunya.

5. Lakukan Kontrol Rutin

Jangan lupa, lakukan kontrol rutin dengan dokter. Kondisi tubuh Anda pasca operasi harus selalu dikontrol atau dipantau oleh dokter. Ini dilakukan supaya dokter bisa memastikan bahwa kondisi Anda memang baik-baik saja dan tidak ada komplikasi yang berbahaya. Ikuti saja jadwal kontrol yang biasanya langsung diberikan setelah tindakan operasi selesai.

Tindakan operasi tulang pinggul atau hip replacement ini benar-benar harus diperhatikan dengan baik. Dari mulai tahap persiapan sebelum operasi sampai perawatan setelah operasi. Semua prosesnya harus dijalani dengan benar sesuai instruksi dari dokter. Jika Anda mengikuti anjuran dokter dengan baik maka peluang keberhasilan lebih besar dan Anda juga bisa lebih cepat pulih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.