Ini Dia Cara Membuat Rumah Terbebas dari Hama Pengganggu!

jasa pembasmi hama

Hama merupakan organisme yang mengganggu karena dapat menyebarkan penyakit ataupun menyebabkan kerusakan pada hunian atau bangunan. Beberapa contoh hama adalah nyamuk, tikus, dan kecoa. Hama dapat dikontrol dengan cara rutin membersihkan rumah dan menggunakan cairan kimia pembasmi hama berupa pestisida. Namun, harus hati-hati ketika menggunakan pestisida, sebaiknya menggunakan jasa pembasmi hama yang memang profesional di bidangnya.

Tidak Membiarkan Piring Kotor Menumpuk

Banyak hama dan serangga yang akan tertarik dengan tempat yang kotor. Tumpukan piring-piring yang mengandung air bercampur minyak ditambah sisa-sisa makanan yang membusuk menjadi tempat favorit hama-hama penghuni rumah. Kecoa, lalat, hingga semut akan berbondong-bondong berkunjung. Segera cuci tumpukan piring kotor. Tentunya, selain membuat rumah tampak lebih rapi, menjauhkan dari bau tidak sedap, rumah juga akan terbebas dari hama-hama pengganggu.

Jaga Kondisi Ruangan agar Tetap Kering

Hama menyukai tempat-tempat yang lembab. Ketika ada tumpahan air, segera bersihkan. Tumpahan air yang mengandung pemanis akan menarik kedatangan semut. Perhatikan juga aliran air lainnya, seperti air AC yang menetes ataupun saluran air yang rusak hingga membuat air menggenang. Genangan air dapat menjadi tempat yang sempurna untuk nyamuk berkembang biak. Selain itu, kayu-kayu yang lembab dapat menarik perhatian rayap. Sofa dan kasur yang basah menarik perhatian kutu kasur. Rutin menjemur dan mengeringkan daerah yang basah akan menjauhkan rumah dari kedatangan hama yang tidak diharapkan.

Rutin Membuang Sampah

Jangan menunggu berhari-hari untuk membuang sampah! Sampah yang menumpuk berhari-hari akan mengalami proses pembusukan, menimbulkan bau tidak sedap, dan mengundang hama-hama rumah. Lalat, semut, dan kecoa akan berdatangan dan menghuni tong sampah. Rutin membuang sampah akan menjauhkan Anda dari hewan-hewan tersebut karena rumah tetap bersih.

Simpan Makanan Manis ke Dalam Wadah yang Tertutup Rapat

Manisnya gula tidak hanya menarik perhatian manusia, tetapi juga hewan. Semut adalah hewan nomor 1 yang akan tergiur dengan zat-zat manis. Ada banyak zat-zat manis yang perlu diperhatikan, tidak hanya gula. Sirup, teh manis, jus, madu, dan minuman ataupun makanan manis lainnya. Sebaiknya makanan dan minuman manis dimasukan ke dalam wadah yang tertutup rapat sehingga tidak mengundang kedatangan semut.

Perbaiki Celah-Celah

Perhatikan kondisi fasilitas rumah, seperti pintu, dinding, jendela, kayu, dan sebagainya. Serangga memiliki tubuh yang kecil sehingga akan mudah untuk masuk dan menyelinap ke dalam rumah melalui celah-celah. Perbaiki jika ada celah-celah di pintu, dinding, jendela, ataupun langit-langit rumah. Tidak hanya masuk dan menyelinap, tetapi celah-celah juga bisa menjadi tempat bersembunyi serangga hingga sarang.

Jaga Kebersihan Hewan Peliharaan

Hewan-hewan berbulu memang lucu dan menggemaskan. Namun, siapa sangka jika tidak dirawat dengan baik bisa mendatangkan hama ke rumah. Hewan peliharaan yang lucu mungkin saja berguling-guling di tanah, rumput, ataupun halaman rumah. Waspadai adanya kutu jika hewan tidak dijaga kebersihannya. Kutu adalah hama umum ditemukan bagi pemilik hewan peliharaan. Rajin memandikan dan memeriksa kondisi hewan peliharaan dapat mencegah kedatangan hama pada hewan peliharaan.

Hama-hama di rumah akan merugikan jika tidak dicegah. Kecoa dapat menimbulkan alergi dan asma. Semut dan kutu dapat membuat gatal dan ruam. Lalat menimbulkan diare. Rayap dapat membuat rumah rusak. Apabila kehadiran hama telah menjadi masalah besar di rumah, sebaiknya segera hubungi jasa untuk membasmi hama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *